Daftar Ijazah yang Linier untuk Guru SD PPPK
Bagi guru honorer atau calon guru yang bercita-cita menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), memiliki kualifikasi ijazah yang linier adalah syarat mutlak. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah menetapkan ketentuan linieritas ini untuk memastikan kompetensi tenaga pendidik sesuai dengan bidangnya.
Apa Itu Linieritas Ijazah?
Linieritas ijazah berarti adanya kesesuaian antara ijazah atau sertifikat pendidik dengan mata pelajaran atau posisi yang diajukan. Hal ini diatur dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor 2901/B/HK.04.01.2023.
Dalam edaran tersebut dijelaskan bahwa:
1. Calon guru PPPK wajib memiliki sertifikat pendidik yang sesuai.
2. Jika tidak memiliki sertifikat pendidik, ijazah S1 atau D4 yang relevan dapat digunakan untuk melamar posisi yang diinginkan.
Mengapa Linieritas Penting?
Linieritas dirancang untuk menyederhanakan proses seleksi PPPK dan memastikan guru yang terpilih memiliki keahlian yang mendalam di bidangnya. Dengan begitu, tenaga pendidik mampu berkontribusi pada peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.
Daftar Ijazah Linier Guru SD PPPK
Berdasarkan SE Kemendikbudristek Nomor 4757/B/GT/01.01.2022, berikut adalah daftar ijazah yang diakui linier untuk Guru SD PPPK:
1. Guru Agama Islam:
• Akhlak dan Tasawuf
• Ilmu Al-Quran dan Hadits
• Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
• [Dan lain-lain]
2. Guru Kelas SD:
• Antropologi Sosial
• Bahasa dan Sastra Indonesia
• Keguruan Sekolah Dasar
• Ilmu Matematika dan IPA
• [Dan masih banyak lagi]
3. Guru Penjaskes:
• Ilmu Keolahragaan
• Keolahragaan
Dengan memahami daftar ini, calon guru dapat memastikan ijazah mereka memenuhi syarat linieritas sebelum mendaftar seleksi PPPK. Untuk informasi lebih rinci, Anda dapat merujuk pada dokumen resmi Kemendikbudristek atau menghubungi layanan terkait.
🔗 Ingin lolos seleksi PPPK dengan percaya diri?
Bergabunglah dengan program Bimbel PPPK Online kami! Dapatkan:
• Materi lengkap sesuai standar Kemendikbud.
• Tryout berbasis CAT untuk simulasi ujian nyata.
• Mentor profesional yang siap membimbing hingga Anda berhasil.
👉 Gabung sekarang di Bimbel PPPK Online BLC dan persiapkan diri dengan materi lengkap untuk lulus PPPK 2024 dengan hasil terbaik! 🎯💼
Berapa Gaji PPPK Guru SD dan Tunjangan Bulanannya?
Guru Sekolah Dasar (SD) yang berstatus Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) menerima gaji dan tunjangan sesuai ketentuan pemerintah. Besarannya bervariasi tergantung golongan, masa kerja, dan faktor lain seperti lokasi kerja, status keluarga, serta sertifikasi.
Rincian Gaji PPPK Guru SD 2023
Berdasarkan Perpres Nomor 98 Tahun 2020, gaji pokok PPPK guru SD berkisar antara Rp2.966.600 hingga Rp5.292.800. Perbedaan nominal gaji dipengaruhi oleh golongan (IX, X, XI) dan masa kerja, yang dihitung mulai dari 0 tahun hingga maksimal 32 tahun.
Golongan < 1 Tahun ≥ 32 Tahun
IX Rp2.966.500 Rp4.872.000
X Rp3.091.000 Rp5.078.000
XI Rp3.222.700 Rp5.292.800
Selain itu, guru PPPK berhak atas kenaikan gaji berkala setiap dua tahun dan kenaikan gaji istimewa berdasarkan kinerja yang baik.
Golongan dan Jenjang Pendidikan PPPK Guru SD
Golongan jabatan guru SD ditentukan oleh jenjang pendidikan sesuai Permenpan RB Nomor 72 Tahun 2020:
• Golongan IX: Diploma IV (D4) atau Sarjana (S1).
• Golongan X: Magister (S2) linier.
• Golongan XI: Doktor (S3) linier.
Namun, PPPK tidak bisa naik golongan selama masa kerja karena belum ada aturan yang mengakomodasi hal tersebut.
Tunjangan PPPK Guru SD
Selain gaji pokok, PPPK guru SD mendapatkan berbagai tunjangan, di antaranya:
1. Tunjangan Suami/Istri: 10% dari gaji pokok.
• Contoh: Gaji Rp3.091.000 → Tunjangan Rp309.100.
2. Tunjangan Anak: 2% per anak (maksimal untuk 2 anak).
• Contoh: Gaji Rp3.091.000 → Tunjangan Rp123.640 (2 anak).
3. Tunjangan Beras: Setara harga beras (10 kg untuk lajang, 30 kg untuk berkeluarga), diberikan dalam bentuk uang.
4. Tunjangan Hari Raya (THR): Gaji pokok + 50% dari tunjangan yang berlaku.
5. Tunjangan Jabatan Fungsional: Berkisar Rp500 ribu–Rp1 juta sesuai jabatan.
Kesimpulan
Informasi gaji dan tunjangan PPPK guru SD sangat penting bagi calon guru untuk menetapkan ekspektasi penghasilan serta mempertimbangkan lokasi kerja dan program sertifikasi. Dengan sistem kenaikan gaji berkala serta berbagai tunjangan, posisi PPPK guru SD memberikan kompensasi yang kompetitif sesuai beban kerja dan tanggung jawabnya.
👉 Gabung sekarang di Bimbel PPPK Online BLC dan persiapkan diri dengan materi lengkap untuk lulus PPPK 2024 dengan hasil terbaik! 🎯💼
Contoh Latihan Soal-soal PPPK Guru SD
1. Tahapan perkembangan anak
Soal: Anak mulai menunjukkan perkembangan kemampuan berbahasa, berpikir masih bersifat statis, belum mampu berpikir abstrak, serta memiliki keterbatasan persepsi waktu dan ruang. Tahap perkembangan ini dikenal sebagai…
• A. Sensorimotorik
• B. Praoperasional
• C. Operasional Konkret
• D. Operasional Formal
• E. Evaluasi Kritis
Jawaban: B
Pembahasan: Tahap praoperasional (usia 2-7 tahun) menurut Piaget adalah fase di mana anak mulai mengembangkan bahasa dan simbol, tetapi belum memahami konsep abstrak dan logika kompleks.
2. Kecerdasan linguistik menurut Gardner
Soal: Seorang anak yang pandai berkomunikasi secara lisan atau tertulis, seperti pendongeng atau penulis skenario, menunjukkan kecerdasan…
• A. Linguistik
• B. Logis-Matematis
• C. Spasial
• D. Kinestetik
• E. Motorik
Jawaban: A
Pembahasan: Howard Gardner dalam teori kecerdasan majemuk menyebutkan bahwa kecerdasan linguistik melibatkan kemampuan menggunakan kata-kata secara efektif, baik dalam bentuk verbal maupun tulisan.
3. Mengetahui kemampuan awal siswa
Soal: Untuk memahami kemampuan awal peserta didik, guru dapat melakukan kegiatan…
• A. Pengayaan materi
• B. Refleksi
• C. Identifikasi latar belakang siswa
• D. Tes awal (pre-test)
• E. Ujian harian
Jawaban: D
Pembahasan: Tes awal atau pre-test dilakukan sebelum pembelajaran dimulai untuk mengetahui pengetahuan awal peserta didik terkait materi yang akan diajarkan.
4. Metode Criterion-Referenced
Soal: Berikut yang bukan merupakan tahapan metode criterion-referenced dalam identifikasi kesulitan belajar adalah…
• A. Menetapkan nilai minimal yang dapat diterima (misalnya 5,0 atau 6,0)
• B. Membandingkan prestasi siswa dengan nilai batas lulus
• C. Menganalisis kemampuan peserta didik
• D. Menghimpun siswa dengan dugaan kesulitan belajar
• E. Menilai perkembangan masing-masing anak
Jawaban: D
Pembahasan: Metode criterion-referenced menilai pencapaian siswa berdasarkan standar tertentu. Tahap menghimpun siswa bukan bagian dari metode ini, melainkan lebih relevan untuk observasi individual.
5. Prinsip pembelajaran yang mendidik
Soal: Dalam menerapkan pembelajaran yang mendidik, guru sebaiknya…
• A. Mengikuti jadwal pembelajaran secara ketat
• B. Menggunakan beragam pendekatan dan strategi pembelajaran kreatif
• C. Menerapkan satu strategi pembelajaran tetap
• D. Mengandalkan teknik pembelajaran sederhana
• E. Berfokus pada disiplin moral saja
Jawaban: B
Pembahasan: Prinsip pembelajaran yang mendidik adalah penggunaan berbagai strategi untuk membuat pembelajaran menarik, interaktif, dan sesuai kebutuhan siswa.
6. Penerapan unsur strategi pembelajaran seperti menetapkan spesifikasi dan kualifikasi output, target yang akan dicapai, serta mempertimbangkan aspirasi masyarakat termasuk dalam…
A. Menetapkan tujuan pembelajaran berupa perubahan profil perilaku peserta didik
B. Memilih sistem pendekatan pembelajaran yang paling efektif
C. Merancang langkah-langkah pembelajaran sesuai metode dan teknik
D. Menetapkan norma keberhasilan belajar minimal
E. Memberlakukan hukuman untuk setiap pelanggaran disiplin
Jawaban: A
Pembahasan:
Penetapan spesifikasi dan kualifikasi tujuan pembelajaran bertujuan untuk memastikan bahwa hasil pembelajaran sesuai dengan profil yang diharapkan, seperti perubahan sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik. Langkah ini menjadi dasar dalam merancang strategi pembelajaran yang tepat. Pilihan lain lebih berfokus pada aspek teknis pelaksanaan atau norma tambahan, bukan tujuan utama pembelajaran.
7. Fokus utama dari strategi pembelajaran interaktif adalah…
A. Meningkatkan inisiatif individu dan kemandirian peserta didik
B. Membentuk diskusi dan sharing antar peserta didik
C. Memberikan dominasi penuh kepada guru dalam proses pembelajaran
D. Menyampaikan materi secara verbal kepada peserta didik
E. Menegakkan disiplin peserta didik selama pembelajaran
Jawaban: B
Pembahasan:
Strategi pembelajaran interaktif mengutamakan interaksi antara peserta didik, baik melalui diskusi kelompok, kerja sama, atau saling berbagi pengetahuan. Tujuannya adalah membangun pemahaman melalui pengalaman kolektif. Pilihan A benar tetapi kurang spesifik untuk pembelajaran interaktif. Pilihan lainnya lebih fokus pada metode satu arah atau kontrol guru.
8. Prinsip pengembangan kurikulum yang melibatkan kebutuhan masyarakat, dunia usaha, dan pasar kerja adalah…
A. Responsif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
B. Relevansi dengan kebutuhan kehidupan
C. Menyeluruh dan berkesinambungan
D. Beragam dan terpadu
E. Fokus pada pembentukan tenaga kerja langsung
Jawaban: B
Pembahasan:
Prinsip relevansi mengacu pada upaya kurikulum untuk menjawab kebutuhan masyarakat, dunia usaha, dan pasar kerja, sehingga pendidikan dapat memberikan kontribusi nyata terhadap kehidupan. Pilihan A lebih menekankan inovasi, sedangkan pilihan lainnya tidak secara khusus menyoroti kebutuhan eksternal.
9. Peserta didik menjadi pusat dari pengembangan kurikulum agar mampu berkembang sebagai individu yang beriman, berakhlak, sehat, dan mandiri. Prinsip pengembangan ini dikenal dengan…
A. Responsif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
B. Relevansi dengan kebutuhan kehidupan
C. Menyeluruh dan berkesinambungan
D. Beragam dan terpadu
E. Adil dan jujur
Jawaban: C
Pembahasan:
Prinsip menyeluruh dan berkesinambungan menekankan pengembangan peserta didik dalam berbagai aspek secara holistik, mencakup sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Kurikulum harus dirancang agar berkelanjutan dan relevan dengan perkembangan mereka.
10. Cara optimal bagi guru untuk membantu siswa merefleksikan pengalaman belajar yang sudah dialami adalah dengan…
A. Memberikan tes atau pekerjaan rumah di akhir pelajaran
B. Mengajukan pertanyaan terarah maupun bersifat eksplorasi selama pembelajaran
C. Mewawancarai siswa secara individu tentang capaian belajarnya
D. Meminta siswa menuliskan kesulitan belajar yang mereka alami
E. Meminta siswa menghafal materi pembelajaran
Jawaban: B
Pembahasan:
Pertanyaan terarah dan eksplorasi membantu siswa merenungkan proses belajar mereka, memahami konsep yang sudah dipelajari, dan menghubungkannya dengan pengalaman nyata. Pilihan lainnya kurang relevan dalam membangun refleksi yang mendalam.
11. Proses pembelajaran yang memungkinkan peserta didik membangun pemahaman melalui pengalaman langsung dikenal dengan…
A. Pembelajaran ekspositori
B. Pembelajaran berbasis proyek
C. Pembelajaran berbasis pengalaman
D. Pembelajaran kooperatif
E. Pembelajaran berbasis masalah
Jawaban: C
Pembahasan:
Pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning) adalah metode di mana peserta didik mendapatkan pemahaman melalui keterlibatan langsung dalam aktivitas, praktik, atau situasi nyata. Metode ini memungkinkan peserta didik mengaitkan teori dengan pengalaman praktis. Pilihan lain, meskipun relevan, tidak menekankan pengalaman langsung sebagai inti metode.
12. Kompetensi manajerial yang perlu dimiliki oleh seorang kepala sekolah untuk memastikan proses pembelajaran berjalan efektif adalah…
A. Membuat laporan administrasi sekolah dengan rapi dan terstruktur
B. Mampu memotivasi guru dan staf untuk meningkatkan kinerja
C. Menentukan target nilai ujian peserta didik secara akurat
D. Mengawasi langsung setiap kegiatan pembelajaran di kelas
E. Menyiapkan fasilitas sekolah yang canggih dan modern
Jawaban: B
Pembahasan:
Kompetensi manajerial seorang kepala sekolah mencakup kemampuan untuk memotivasi guru dan staf agar kinerjanya meningkat. Hal ini berdampak langsung pada kualitas pembelajaran. Pilihan lain lebih bersifat teknis administratif atau hanya bagian kecil dari fungsi manajerial.
13. Dalam pembelajaran berbasis masalah, peran utama guru adalah…
A. Menyampaikan teori sebagai dasar pemecahan masalah
B. Memberikan solusi langsung kepada peserta didik
C. Memfasilitasi proses berpikir kritis dan eksplorasi peserta didik
D. Menilai hasil akhir tanpa membimbing proses belajar
E. Mengarahkan peserta didik untuk menghafal konsep-konsep dasar
Jawaban: C
Pembahasan:
Dalam pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning), guru berperan sebagai fasilitator yang membantu peserta didik berpikir kritis, mengarahkan eksplorasi, dan membimbing mereka dalam proses menemukan solusi. Pilihan lainnya kurang relevan dengan pendekatan berbasis masalah.
14. Media pembelajaran yang paling efektif untuk mendukung pembelajaran visual adalah…
A. Ceramah dan diskusi
B. Gambar, video, dan diagram
C. Buku teks dan bahan bacaan
D. Permainan interaktif berbasis komputer
E. Audio pembelajaran
Jawaban: B
Pembahasan:
Media visual seperti gambar, video, dan diagram sangat efektif dalam mendukung peserta didik yang memiliki gaya belajar visual. Media ini membantu mereka memahami dan mengingat informasi dengan lebih baik. Pilihan lain lebih relevan untuk gaya belajar auditori atau kinestetik.
15. Dalam proses pembelajaran, tujuan dari asesmen formatif adalah untuk…
A. Memberikan nilai akhir pada peserta didik
B. Mengetahui sejauh mana peserta didik menguasai materi setelah pembelajaran selesai
C. Memotivasi peserta didik untuk lebih aktif belajar
D. Mengidentifikasi kelemahan dan kebutuhan belajar peserta didik selama proses pembelajaran
E. Mengukur pencapaian kompetensi secara keseluruhan
Jawaban: D
Pembahasan:
Asesmen formatif bertujuan untuk mengidentifikasi kelemahan dan kebutuhan belajar peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung. Dengan informasi ini, guru dapat menyesuaikan strategi dan memberikan dukungan yang dibutuhkan. Pilihan lain lebih terkait dengan asesmen sumatif atau tujuan tambahan, bukan fungsi utama asesmen formatif.
16. Pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai mata pelajaran ke dalam satu tema disebut…
A. Pembelajaran kolaboratif
B. Pembelajaran terpadu
C. Pembelajaran berbasis proyek
D. Pembelajaran kontekstual
E. Pembelajaran tematik
Jawaban: E
Pembahasan:
Pembelajaran tematik adalah pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan beberapa mata pelajaran dengan satu tema tertentu. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna dan holistik. Pilihan lainnya tidak menekankan pengintegrasian berbagai mata pelajaran ke dalam satu tema.
17. Salah satu ciri pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) adalah…
A. Proses belajar berfokus pada hafalan konsep
B. Penilaian hanya dilakukan pada hasil akhir proyek
C. Peserta didik aktif merancang dan menyelesaikan proyek nyata
D. Guru memberikan seluruh langkah kerja secara rinci
E. Pembelajaran tidak memerlukan kolaborasi
Jawaban: C
Pembahasan:
Pembelajaran berbasis proyek melibatkan peserta didik secara aktif dalam merancang, menyelesaikan, dan mempresentasikan proyek yang relevan dengan kehidupan nyata. Proses ini juga mengembangkan keterampilan kolaborasi, berpikir kritis, dan pemecahan masalah. Pilihan lain kurang sesuai dengan ciri khas pendekatan ini.
18. Langkah pertama dalam menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning) adalah…
A. Menganalisis masalah yang diberikan oleh guru
B. Menentukan solusi terbaik berdasarkan diskusi kelompok
C. Guru menjelaskan konsep-konsep dasar yang relevan
D. Mengidentifikasi masalah yang perlu diselesaikan
E. Mengevaluasi hasil akhir dari proses pembelajaran
Jawaban: D
Pembahasan:
Langkah pertama dalam pembelajaran berbasis masalah adalah mengidentifikasi masalah yang perlu diselesaikan. Masalah tersebut biasanya relevan dengan kehidupan nyata dan bertujuan untuk melibatkan peserta didik secara aktif. Pilihan lain adalah langkah-langkah lanjutan setelah masalah diidentifikasi.
19. Dalam pembelajaran kooperatif, keberhasilan kelompok ditentukan oleh…
A. Hasil kerja individu yang menonjol
B. Partisipasi aktif seluruh anggota kelompok
C. Kemampuan pemimpin kelompok dalam mengatur tugas
D. Kompetisi antaranggota kelompok
E. Penilaian guru terhadap laporan kelompok
Jawaban: B
Pembahasan:
Keberhasilan dalam pembelajaran kooperatif ditentukan oleh partisipasi aktif semua anggota kelompok. Pendekatan ini menekankan kolaborasi, tanggung jawab bersama, dan saling membantu untuk mencapai tujuan. Pilihan lain tidak menggambarkan prinsip utama pembelajaran kooperatif.
20. Salah satu kelebihan dari metode pembelajaran diskusi adalah…
A. Memungkinkan siswa menghafal informasi dengan cepat
B. Membantu siswa mengembangkan keterampilan berbicara dan berpikir kritis
C. Mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pembelajaran
D. Mengutamakan peran guru sebagai sumber utama informasi
E. Meningkatkan fokus pada hasil daripada proses pembelajaran
Jawaban: B
Pembahasan:
Metode diskusi membantu peserta didik mengembangkan keterampilan berbicara, mendengarkan, dan berpikir kritis. Proses interaksi dalam diskusi mendorong pertukaran ide dan pemahaman yang lebih mendalam. Pilihan lain tidak sepenuhnya relevan dengan keunggulan utama metode ini.
✨ Yuk, Maksimalkan Persiapan PPPK 2024-mu! ✨
Sudah coba soal-soal ini? Nah, biar makin siap dan percaya diri menghadapi seleksi PPPK 2024, bergabunglah dengan Bintaro Learning Center (BLC)! 🏆
✅ Akses belajar fleksibel 24/7: Belajar kapan pun, di mana pun.
✅ Soal dan tryout berbasis CAT: Latihan seperti ujian asli.
✅ Mentoring ahli: Dipandu mentor berpengalaman hingga hari ujian.
✅ Materi terbaru & lengkap: Dirancang untuk mencapai passing grade.
✅ Harga bersahabat: Ada pilihan kelas sesuai kebutuhanmu!
💡 Lulus PPPK bukan mimpi! Ayo, ambil langkah pertama menuju karier impianmu sekarang!
🎯 Siapkan dirimu, raih skor tinggi, dan jadilah ASN tahun ini! 💪✨
👉 Gabung sekarang di Bimbel PPPK Online BLC dan persiapkan diri dengan materi lengkap untuk lulus PPPK 2024 dengan hasil terbaik! 🎯💼